Senin, 14 Februari 2011

voleyy tehnik

tehnik dalam voleey

Servis
Teknik ini adalah gerakan yang paling awal untuk memulai permainan bola voli
Pertama memegang bola menggunakan tangan kiri lalu bola dilempar ke atas dengan pelan diteruskan tangan kanan diangkat ke atas dan memukul bola. Bagi yang kidal dengan langkah sebaliknya.
Servis dalam bola voli ada 3 macam:
1.Servis atas ,seperti dijelaskan diatas yang sering digunakan dalam permainan bola voli.
2.Servis dari bawah yang biasa dilakukan oleh wanita,dengan cara bola diangkat dengan tangan kiri dan dilepaskan saat tangan kanan memukul .
3.Servis atas dengan melompat ,caranya seperti smash yang biasa dilakukan oleh pemain yang sudah pintar voli.Adapun tekniknya :bola dilempar ke atas di depan badan agak tinggi lalu kaki melangkah ke depan dimulai kaki kiri,kanan,lompat tinggi dilanjutkan tangan kanan memukul dengan keras .
Passing Bawah
Teknik selanjutnya adalah menerima bola dengan posisi badan condong ke depan tangan dirapatkan ibu jari saling bertemu,posisi kaki agak turun dan ketika bola diterima posisi kaki ngeper tapi tangan tidak berubah supaya bola dapat diterima dengan baik.

Posisi kaki mengeper saat akan melakukan dorongan ke atas .
Tangan tetap lurus ke depan tidak dilipat,cukup digerakkan ke atas sedikit bersamaan kaki ngeper .
Tujuan tangan tetap lurus; agar begitu bola diterima tangan, arah bola dapat kita kontrol.Berbeda hasilnya jika tangan di lipat bola larinya ke arah belakang bisa-bisa mengenai tubuh kita sendiri.
Passing Atas
Teknik ini untuk memberi umpan pada pemain yang akan melakukan smash.
Tapi bisa juga untuk mengumpan pada teman. Terus bisa untuk menerima bola dari servis lawan,dsb.



Passing atas ini paling banyak digunakan oleh ” Toser ”
Adapun yang harus diperhatikan untuk melakukan passing atas:
* Kedua tangan didekatkan ,telapak tangan terbuka keluar dan ibu jari kiri dekat ibu jari kanan begitu juga telunjuk kiri dan kanan saling berdekatan. Saat bola datang dorong bola dengan kedua ibu jari,kedua telunjuk dan kedua jari tengah kanan dan kiri ,posisi bola untuk passing atas diatas kepala kita.
* Dorongan bola untuk melakukan passing atas dari kaki ngeper dilanjutkan ke tangan.
Smash
Teknik ini adalah teknik untuk menyerang lawan dengan tujuan mematikan lawan.
Dalam teknik ini yang penting koordinasi langkah kaki dan lompatan juga perkiraan waktu posisi bola yang tepat jika semua sudah bagus dilanjutkan dengan ayunan tangan yang kuat supaya bola dapat melaju dengan kencang dan masuk.

Adapun yang harus diingat saat akan melakukan “smash”;yaitu:
a.Langkah 1kaki kiri ,2 kanan & 3 lompat tinggi.
b.Ayunan tangan dari bawah ke atas tapi tangan jangan terlalu ke belakang dan pada saat mengayun tangan,badan agak condong ke belakang biar ayunan kuat.
c.koordinasi dari kaki,tangan,juga ketepatan saat melompat dan ayunan tangan memukul bola .