Senin, 14 Februari 2011

pendidikan sepanjang masa

Belajar dan belajar lagi! Mungkin itulah kondisi yang paling tepat untuk diriku. Sungguh begitu mulianya nasehat Nabi Muhammad Saw yang mengatakan “Tuntutlah Ilmu sampai ke Negeri Cina!”. Semua hal tersebut bila diartikan yakni manusia sesungguhnya tidak akan pernah berhenti mengalami sebuah situasi yang disebut pembelajaran.
Ada pembelajaran yang langsung dari Tuhan, atau secara tidak langsung misalnya dari alam, lingkungan, hewan dan sebagainya. Memang sungguh suatu pekerjaan yang tidak mudah dalam menempuh kegiatan yang disebut belajar. Diperlukan upaya dan tekad yang kuat sehingga hasil yang diraih pun dapat menjadi maksimal.
Sebenarnya tidak ada kewajiban atau tuntutan dalam belajar. Manusia sepanjang umurnya dapat menikmati hidupnya hanya dengan bersantai-santai. Tetapi sesuai dengan hukum alam, barangsiapa yang bermalas-malasan dengan sendirinya akan tersingkir dari apa pun bidang dan jenis kehidupan.
Saya hanya bisa berdoa, semoga setelah selesai semua dari apa yang sedang ditempuh dapat membawa diriku kembali belajar dalam siraman cahaya Ilahi. Karena itulah sebaik-baiknya orang yang memanfaatkan kehidupannya dalam rangka pengabdian kepada Penciptanya. Amin!