Selasa, 15 Februari 2011

kurma salahsatu buah yg menyehatkan dan berkhasiat bagi tubuh kita.





 Memakan 7 buah kurma dapat menangkal racun dan sihir

          Dalam shahih al bukhari dan shaih muslim, diriwayatkan hadist sa'ad bin abi waqqash, dari nabi shalallahu 'alaihi wa sallam, bahwa beliau pernah bersabda: "barang siapa mengkonsumsi tujuh butir kurma ajwah pada pagi hari, maka pada hari itu ia tidak akan terkena racun maupun sihir."
          Al-hafiz ibnu hajar al-asqalani rahimahullah menukilkan perkataan imam al-khathabi tentang keistimewaan kurma ajwah:"kurma ajwahbermanfaat untuk mencegah racun racun dan sihir dikarenakan do'a keberkahan rasulullah shalalallahu 'alaihi sallam tehadap kurma madinah bukan karena dzat kurma itu sendiri.
          Hadist ini mempunyai banyak sekali kandungan, sebagaimana yang dituturkan oleh al-imam ibnul qayyim rahimahullah dalam kitabnya, ath-thibb an nabawi:"al-maf-uud adalah sakit yang menyerang liver(hati)nya. dan kurma memiliki khasiat yang menakjubkan untuk menyembuhkan penyakit ini(dengan izin Alloh), terutama sekali kurma madinah, khususnya jenis ajwah. (pembatasan pada) jumlah tujuh itu juga mengandung khasiat lain yang hanya diketahui rahasianya oleh Alloh.
          Kurma adalah jenis nutrisi yang baik, terutama bagi orang yang makanan sehari-harinya mengandung kurma seperti penduduk madinah. Begitu juga kurma adalah makanan yang baik bagi orang-orang yang tinggal didaerah panas dan agak hangat namun memiliki temperatur tubuh yang lebih dingin.
          Bagi penduduk madinah, tamr(kurma yang kering) merupakan makanan pokok sebagaimana gandum bagi bangsa-bangsa lain. Juga, kurma kering didaerah 'aliyah di madinah merupakan salah satu jenis kurma terbaik sebab kurmanya gurih, lezat dan manis. Kurma dapat termasuk jenis makanan, obat, buah-buahan, serta kurma cocok dikonsumsi oleh hampir seluruh jenis tubuh manusia. Dapat berguna untuk memperkuat jenis tubuh alami, tidak menimbulkan reduksi timbunan panas yang merusak didalam tubuh yang seperti ditimbulkan oleh berbagai jenis makanan dan buah-buahan. Bahkan bagi yang sudah terbiasa menyantapnya, kurma dapat mencegah pembusukan dan kerusakan makanan yang berefek negatif bagi tubuh.