Data ini saya peroleh dari berbagai sumber, untuk memudahkan manfaat,saya kembali repost ulang . mudah2an bermanfaat.......!
1. ANALISIS KESENJANGAN
5. BIDANG GARAPAN KESISWAAN
NO
|
KOMPONEN/ASPEK
|
KONDISI YANG ADA
|
KONDISI YANG DIHARAPKAN
|
KESENJANGAN
|
STRATEGI PEMECAHAN
|
1.
|
Keimanan dan ketakwaan
terhadap Tuhan Yang Maha Esa
|
Sikap toleransi, adanya guru
PAI, Ekskul ROHIS, dan sarana Ibadah Mushola, peringatan hari besar Islam,
Kegiatan Ramadhan.
|
-Terbentuknya suasana kehidupan
bernuansa religius.
-Terbinanya keimanan dan
ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
|
-
|
- Peningkatan peran guru PAI
dalam program kegiatan keagamaan
- Mengadakan kegiatan lomba
yang bernuansa keagamaan.
|
2.
|
Budi pekerti luhur atau ahlak
mulia
|
Adanya tata tertib siswa,
kegiatan parelek Jum’at, infak siswa (baksos), sumbangan dana sosial siswa
(setiap ada orang tua siswa yang meninggal)
Sebagian besar siswa(85%) masuk
tapat jam pertama.
90% siswa berpakaian seragam
(atribut) sesuai aturan sekolah.
|
-Semua siswa mwlaksanakan tata
tertib atau norma yang dibuat sekolah.
Menumbuhkembangkan sikap
hormat, menghargai dan rela berkorban.
|
15% siswa masih terlambat masuk
pada jam pertama.
10% siswa kurang / tidak
lengkap atributnya.
|
|
3.
|
Keperibadian unggul, berwawasan
kebangsaan dan bela negara.
|
Pelaksanaan Upacara bendera
pada hari senin, hari-hari besar nasional
Kegiatan pramuka
Belum adanya kegiatan kunjungan
ke tempat bersejarah
|
Menjaga dan menghormati serta
meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan dan semangat perjuangan para para
pahlawan.
|
-
|
Program kegiatan siswa mengunjungi dan mempelajari
tempat-tempat bernilai sejarah.
|
4.
|
Prestasi akademik/unggulan
Kegiatan ilmiah
Seni Budaya
Perolehan Medali pada laga O2SN
Olimpiade Sains
|
Siswa yang diterima di PTN
jalur PMDK kurang/ jumlah kecil.
Belum/minimnya karya ilmiah
remaja
Sumber/bahan-bahan di
perpustakaan belum mencukupi
Minat kegiatan penelitian
remaja kurang termotivasi.
Adanya ekstrakulikuler seni
budaya: tari tradisional, gemelan dan alat musik.
Pembina/guru seni budaya.
-
Peringkat juara I : (karate komite putra 60 Kg, komite
putri 53 Kg, lompat tinggi, volly ball putri)
-
Peringkat juara II (Karate kata putra, kata putri,
komite putre 60 Kg)
-
Peringkat juara III (karate komite putri 53 kg)
-
Sarana olahraga : lapangan basket, volly, futsal dan
lapangan luas terbuka)
-
Pembina/guru olahraga dan pelatih khusus karate.
-Belum tercapai/ juara
olimpiade sains baik bidang/mata pelajaran : matematika, fisika, biologi,
kimia, kebumian, dan ekonomi.
- Adanya guru yang berkompeten
dalam bidang/mata pelejaran yang diolimpiadekan.
|
Adanya peningkatan jumlah siswa
yang di terima di PTN
Adanya kegiatan penelitian
remaja dan kegandrungan siswa dalam IPTEK.
Pelestarian seni dan budaya tradisional
dan modern yang sesuai budaya sekolah.
Adanya peningkatan perolehan
medali pada laga O2SN tingkat kabupaten.
Meraih juara di olimpiade sains
tingkat kabupaten.
|
Sebagian besar siswa kelas XII
(70%) kurang motivasi untuk melanjutkan studi ke PTN jalur PMDK.
Sebagian besar siswa kurang
minat dalam kegiatan penelitian remaja.
-
Kurang tenaga pelatih khusus
untuk bidang olahraga tertentu dan sarana olahraga yang kurang memadai.
|
-
Mengadakan
Pensi (Pentas Seni)
-
Menyelenggarakan
lomba bidang seni tradisional.
-
Program
khusus bidang O2SN
-
Merekrut
pelatih khusus
-
Mengadakan
ujicoba (latihan rutin)
-
Melengkapi
dan memberdayakan sarana dan prasarana olahraga
-
Class
meeting
|
5.
|
Demokrasi, hak asasi manusia,
pendidikan politik, lingkungan hidup dan toleransi sosial.
|
-
Adanya wadah organisasi siswa OSIS, dan ruang
sekretariat OSIS dan MPK.
-
OSIS aktif dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan
kesiswaan.
|
-
Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam
OSIS.
-
Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran,
transparan dan profesional.
|
|
|
6
|
Kewirausahaan
|
-
Motivasi siswa dalam kewirausahaan kurang
-
Adanya pembina koperasi siswa
-
Koperasi siswa dalam proses pendirian
|
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan.
|
|
|
7.
|
Perilaku hidup bersih dan sehat
|
-
Adanya pembina PMR/UKS
-
Motivasi siswa di bidang kesehatan kurang
-
Belum adanya ruang khusus PMR /UKS untuk pelayanan
kesehatan remaja yang optimal.
|
Peningkatan kualitas jasmani,
kesehatan dan gizi yang baik.
|
|
|
8.
|
Satra dan Budaya
|
-
Adanya pembina seni budaya, tetapi pembina khusus
sastra budaya belum ada.
-
Motivasi siswa dalam sastra dan budaya cukup besar.
|
Meningkatkan daya cipta sastra
dan apresiasi budaya.
|
|
|
9
|
TIK untuk meningkatkan
integritas bangsa
|
-
Adanya Pembina TIK
-
Fasilitas dan gedung khusus TIK cukup memadai
-
Motivasi siswa cukup besar dalam TIK
|
TIK sebagai wahana
kreatifitas dan inovasi
|
|
|
10
|
Komunikasi dengan bahasa
Inggris dan bahasa asing lainnya
|
-
Guru bahasa Inggris, Perancis dan Jepang
-
Pembina English Club
|
Adanya komunikasi dalam
bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya sebagai sarana pergaulan
|
|
|
11
|
Penerimaan Peserta didik dan
Orientasi Peserta Didik Baru
|
-
Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan
operasional proses penerimaan peserta didik
-
Pelaksanaan Orientasi Peserta Didik Baru
|
Adanya peningkatan kualitas
peserta didik baru dan mentalitas kedisiplinan yang baik.
|
|
|
12
|
Layanan Bimbingan dan
Konseling
|
-
Adanya guru BP yang berkompeten
-
Ruang BP/layanan konseling cukup memadai
-
Siswa kurang memanfaatkan layanan konseling sebagai
kebutuhan
-
Jumlah guru BP yang berkompeten kurang untuk
pelayanan optimal.
|
Peningkatan layanan dan
bimbingan sebagai salah satu sarana mencapai prestasi belajar
|
Anggota/guru BP tidak sesuai
dengan kompetensinya.
|
|
13
|
Kegiatan ekstrakulikuler dan
kokulikuler
|
OSIS:
Kepeengurusan OSIS yang
dipilih secara demokratis
Terdapatnya
secretariat/ruang OSIS
Terlaksananya
program/kegiatan OSIS dalam setiap kegiatan kesiswaan.
Pramuka:
Kurangnya sarana penunjang
kegiatan kepramukaan
Kegiatan kepramukaan setiap
hari Jum’at dan Sabtu
Pencinta Alam:
Minat menjadi anggota cukup
besar
Sarana penunjang kegiatan
belum ada
Tidak adanya pelatih khusus.
PMR/UKS:
Program kegiatan kesehatan
remaja.
Tersedianya obat-obat
sebagai penanggulangan atau pertolongan pertama.
Sarana kesehatan belum
mencukupi kebutuhan pelayanan kesehatan
MADING:
Minat menjadi anggota MADING
cukup besar.
Program kegiatan MADING yang
terprogram.
Sarana media untuk
penyampaian informasi dan kreatifitas karya tulis ada 1 buah.
Kunjungan ke redaksi harian
Radar Banten tentang proses pembuatan berita (jurnalistik)
|
OSIS berperan aktif dalam
setiap kegiatan yang berkaitan dengan kreatifitas siswa dan keorganisasian
siswa.
Sebagai wadah pembentukan
jiwa kepemimpinan yang kreatif dan mandiri
Menumbuhkan dan menanam sikap
peduli akan alam dan lingkungan.
Terpeliharanya kesehatan
remaja dan lingkungan dan tanggap terhadap segala bentuk penyakit yang
membahayakan.
Mengembangkan dan
menyalurkan kreatifitas karya cipta melalui media dan jurnalistik.
|
Sarana media karya cipta.
|
Melengkapi sarana kegiatan
kepramukaan seperti tenda dan perlengkapan lainnya.
|
2. ACTION PLAN
CONTOH RENCANA STRATEGI
5. BIDANG
GARAPAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA
KEPENDIDIKAN
NO
|
TUJUAN
|
KEGIATAN
|
PELAKSANAAN
KEGIATAN
|
SUMBER
DAYA
|
URGENSI
PROGRAM
|
TAHUN
PELAKSANAAN
|
|||||
PELAKSANA
|
PENJAB.
|
2010
|
2011
|
2012
|
2013
|
2014
|
|||||
4.
|
Memiliki
kualifikasi akademik dan
kompetensi sebagai
agen pembelajaran, sehat jasmani dan
rohani, serta
memiliki kemampuan untuk mewujudkan
tujuan pendidikan nasional.
|
1.
Studi lanjut bagi guru yang belum S1
2.
Permohonan tambahan guru sesuai mata pelajaran.
3.
Chek up kesehatan dan pembinaan rohani secara rutin.
4.
MGMP
Sekolah
5.
Workshop tentang prinsip-prinsip pembelajaran KTSP
6.
Pembinaan rutin terhadap
guru
7.
Rapat rutin dengan Guru dan Orang tua
8.
Diklat tentang profesionalisme guru dan PTK
9.
Bimbel, Matrikulasi, Pengayaan,Remidial
|
Guru yang belum
S1
Kep.Tata Usaha
Wks.Humas
Wks.Kurikulum
Wks. Kurikulum+Panitia
Wks.Humas
Wks Humas
Wks.Kurikulum
Wks.Kurikulum+Panitia
|
Wks.Kurikulum
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
|
BOMM,Komite
Tenaga Kependidikan
Guru dan staf TU
Semua guru
Semua guru
Semua guru
Guru dan komite
Semua guru
Tenaga pengajar dan siswa
Komite dan stakeholder
Semua guru
|
Biasa
Penting
Biasa
Penting
Sangatpenting
Penting
Penting
Sangat penting
Sangat Penting
|
V
V
V
V
V
V
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
|
V
V
V
V
V
V
|
3. RENCANA
KERJA SEKOLAH
4. BIDANG
GARAPAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEGIATAN
|
TUJUAN
|
INDIKATOR KEBERHASILAN
|
PENANGGUNGJAWAB
|
BATAS WAKTU
|
PENGENDALI
|
SUMBER DAYA
|
CAT
|
1.
Studi bagi guru
yang belum S1
2.
Permohonan tambahan guru sesuai mata pelajaran.
3.
Chek up kesehatan dan pembinaan rohani secara rutin.
4.
MGMP
Sekolah
5.
Workshop tentang prinsip-prinsip pembelajaran KTSP
6.
Pembinaan rutin terhadap
guru dan siswa
7.
Rapat rutin dengan Guru dan Ortu
8.
Diklat tentang profesionalisme guru dan penyusunan PTK
(3 guru)
9.
Bimbel, Matrikulasi, Pengayaan,Remidial
|
Meningkatan SDM dan profesionalisme guru.
Guru mengajar sesuai dengan latar belakang ilmunya.
Membentuk guru yang sehat secara jasmani dan rohani.
Menyamakan persepsi tentang RPP
dan Silabus.
Memiliki pemahaman yang utuh tentang prinsip-prinsip KTSP.
Mencari solusi terbaik dalam penyelesaian masalah
Menginformasikan masalah-masalah yang terkait dengan siswa
Menanamkan rasa cinta terhadap profesi guru dan trampil dalam menyusun
PTK
Peningkatan kwalitas bahan ajar dan proses pembelajaran
|
Semua guru S1 dan ikut sertifikasi
Setiap guru mengajar sesuai
dengan bidangnya.
Terciptanya guru yang sehat
secara utuh
Memiliki Silabus dan RPP
Sekolah
Tercapainnya pemahaman ttg KTSP
Teratasinya masalah yang
dialami guru
Terbangunnya komunikasi yang
harmonis dengan ortu.
Terwujudnya rasa cinta terhadap
profesi
Tersusunnya bahan ajar yang
bermutu
|
Wks.Humas
Kepala TU
WKS Humas+UKS
Wks.Kurikulum
Wks.Kurikulum+Panitia
Wks.Humas
Wks.Humas
Wks.Kurikulum
Wks.Kurikulum
|
Tahun 2011
Tahun 2010
Des:Ming I, Juni Mingg. I
Agust Minggu IV
Agust:Ming.IV
Setiap Sabtu
Sept:Ming.IV
Des:Mingg.III
Maret:Ming.IV
Juni:Ming.IV
Okt:Ming.IV
September,Feb.
|
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala sekolah
Kepala sekolah
Kepala Sekolah
Kepala sekolah
|
Rp.4.000.000
Rp.3.000.000
Rp.1.000.000
Rp.10.000.000
Rp.5.000.000
Rp.1.000.000
Rp.4.000.000
Rp.6.000.000
Rp.9.000.000
|