Minggu, 16 Oktober 2011

Rencana kerja bidang kesiswaan

Data ini saya peroleh dari berbagai sumber, untuk memudahkan manfaat,saya kembali repost ulang . mudah2an bermanfaat.......!

 
1.  ANALISIS KESENJANGAN

5.      BIDANG GARAPAN  KESISWAAN
NO
KOMPONEN/ASPEK
KONDISI YANG ADA
KONDISI YANG DIHARAPKAN
KESENJANGAN
STRATEGI PEMECAHAN
1.
Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa
Sikap toleransi, adanya guru PAI, Ekskul ROHIS, dan sarana Ibadah Mushola, peringatan hari besar Islam, Kegiatan Ramadhan.
-Terbentuknya suasana kehidupan bernuansa religius.
-Terbinanya keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
-
- Peningkatan peran guru PAI dalam program kegiatan keagamaan
- Mengadakan kegiatan lomba yang bernuansa keagamaan.
2.
Budi pekerti luhur atau ahlak mulia
Adanya tata tertib siswa, kegiatan parelek Jum’at, infak siswa (baksos), sumbangan dana sosial siswa (setiap ada orang tua siswa yang meninggal)
Sebagian besar siswa(85%) masuk tapat jam pertama.
90% siswa berpakaian seragam (atribut) sesuai aturan sekolah.


-Semua siswa mwlaksanakan tata tertib atau norma yang dibuat sekolah.
Menumbuhkembangkan sikap hormat, menghargai dan rela berkorban.
15% siswa masih terlambat masuk pada jam pertama.
10% siswa kurang / tidak lengkap atributnya.
  1. Peningkatan peran dan kerjasama pembina K7, BP dan OSIS dalam penegakkan disiplin.
  2. Penegakkan poin bagi siswa yang melanggar tata tertib.
  3. Sosialisasi tata tertib siswa.
3.
Keperibadian unggul, berwawasan kebangsaan dan bela negara.
Pelaksanaan Upacara bendera pada hari senin, hari-hari besar nasional
Kegiatan pramuka
Belum adanya kegiatan kunjungan ke tempat bersejarah
Menjaga dan menghormati serta meneruskan nilai-nilai luhur, kepeloporan dan semangat perjuangan para para pahlawan.
-
Program kegiatan siswa mengunjungi dan mempelajari tempat-tempat bernilai sejarah.
4.
Prestasi akademik/unggulan



Kegiatan ilmiah






Seni Budaya




Perolehan Medali pada laga O2SN















Olimpiade Sains
Siswa yang diterima di PTN jalur PMDK kurang/ jumlah kecil.


Belum/minimnya karya ilmiah remaja
Sumber/bahan-bahan di perpustakaan belum mencukupi
Minat kegiatan penelitian remaja kurang termotivasi.

Adanya ekstrakulikuler seni budaya: tari tradisional, gemelan dan alat musik.
Pembina/guru seni budaya.

-          Peringkat juara I : (karate komite putra 60 Kg, komite putri 53 Kg, lompat tinggi, volly ball putri)
-          Peringkat juara II (Karate kata putra, kata putri, komite putre 60 Kg)
-          Peringkat juara III (karate komite putri 53 kg)
-          Sarana olahraga : lapangan basket, volly, futsal dan lapangan luas terbuka)
-          Pembina/guru olahraga dan pelatih khusus karate.

-Belum tercapai/ juara olimpiade sains baik bidang/mata pelajaran : matematika, fisika, biologi, kimia, kebumian, dan ekonomi.
- Adanya guru yang berkompeten dalam bidang/mata pelejaran yang diolimpiadekan.
Adanya peningkatan jumlah siswa yang di terima di PTN


Adanya kegiatan penelitian remaja dan kegandrungan siswa dalam IPTEK.





Pelestarian seni dan budaya tradisional dan modern yang sesuai budaya sekolah.



Adanya peningkatan perolehan medali pada laga O2SN tingkat kabupaten.















Meraih juara di olimpiade sains tingkat kabupaten.
Sebagian besar siswa kelas XII (70%) kurang motivasi untuk melanjutkan studi ke PTN jalur PMDK.

Sebagian besar siswa kurang minat dalam kegiatan penelitian remaja.





-




Kurang tenaga pelatih khusus untuk bidang olahraga tertentu dan sarana olahraga yang kurang memadai.















  1. Program kegiatan sejak awal mendeteksi minat belajar ke PTN
  2. Sosialisasi program PMDK.

  1. Kegiatan workshop remaja, seminar, diskusi panel yang bernuansa IPTEK.
  2. Mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah.


-          Mengadakan Pensi (Pentas Seni)
-          Menyelenggarakan lomba bidang seni tradisional.


-          Program khusus bidang O2SN
-          Merekrut pelatih khusus
-          Mengadakan ujicoba (latihan rutin)
-          Melengkapi dan memberdayakan sarana dan prasarana olahraga
-          Class meeting











  1. Program kegiatan olimpiade sains yang terarah dan terukur.
  2. Mengadakan lomba-lomba mata pelajaran yang diolimpiadekan.



5.
Demokrasi, hak asasi manusia, pendidikan politik, lingkungan hidup dan toleransi sosial.
-          Adanya wadah organisasi siswa OSIS, dan ruang sekretariat OSIS dan MPK.
-          OSIS aktif dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan kesiswaan.
-          Memantapkan dan mengembangkan peran siswa di dalam OSIS.


-          Melaksanakan kegiatan dengan prinsip kejujuran, transparan dan profesional.



  1. Mengadakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa(LDKS)
  2. Melaksanakan masa orientasi  Peserta Didik Baru bersifat akademik dan pengenalan lingkungan (wiyata mandala)
  3. Mengikutsertakan anggota OSIS/ siswa dalam forum atau kegiatan pelatihan.
6
Kewirausahaan
-          Motivasi siswa dalam kewirausahaan kurang
-          Adanya pembina koperasi siswa
-          Koperasi siswa dalam proses pendirian
Menumbuhkan jiwa kewirausahaan.

  1. Membentuk koperasi siswa
  2. Mengadakan studi banding ke sekolah yang sudah membentuk koperasi siswa.
7.
Perilaku hidup bersih dan sehat
-          Adanya pembina PMR/UKS
-          Motivasi siswa di bidang kesehatan kurang
-          Belum adanya ruang khusus PMR /UKS untuk pelayanan kesehatan remaja yang optimal.
Peningkatan kualitas jasmani, kesehatan dan gizi yang baik.

  1. Mengoptimalkan peran PMR/UKS
  2. Ikut serta dalam setiap adanya penyuluhan dan pelatihan kesehatan
  3. Adanya ruang khusus PMR/UKS
8.
Satra dan Budaya
-          Adanya pembina seni budaya, tetapi pembina khusus sastra budaya belum ada.
-          Motivasi siswa dalam sastra dan budaya cukup besar.
Meningkatkan daya cipta sastra dan apresiasi budaya.

  1. Adanya pembina khusus sastra budaya
  2. Menyelenggarakan lomba sastra budaya
9
TIK untuk meningkatkan integritas bangsa
-          Adanya Pembina TIK
-          Fasilitas dan gedung khusus TIK cukup memadai
-          Motivasi siswa cukup besar dalam TIK
TIK sebagai wahana kreatifitas dan inovasi

  1. Mengoptimalkan fasilitas TIK untuk kegiatan pembelajaran
  2. Mengadakan lomba kreatifitas  dan inovasi siswa dibidang TIK
10
Komunikasi dengan bahasa Inggris dan bahasa asing lainnya
-          Guru bahasa Inggris, Perancis dan Jepang
-          Pembina English Club
Adanya komunikasi dalam bahasa Inggris atau bahasa asing lainnya sebagai sarana pergaulan

  1. Mangadakan lomba debat, pidato bahasa asing dan lomba menulis dan korespondensi
  2. Melaksanakan kegiatan English day
  3. Melaksanakan kegiatan bercerita dalam bahasa Inggris (story telling)
11
Penerimaan Peserta didik dan Orientasi Peserta Didik Baru
-          Menyusun dan menetapkan petunjuk pelaksanaan operasional proses penerimaan peserta didik
-          Pelaksanaan Orientasi Peserta Didik Baru
Adanya peningkatan kualitas peserta didik baru dan mentalitas kedisiplinan yang baik.

  1. Proses penerimaan peserta didik baru sesuai petunjuk pelaksanaan dan lebih ketat lagi
  2. Orientasi peserta didik baru diarahkan pada pembentukan sikap dan perilaku yang berjiwa disiplin dan patuh pada tata tertib siswa
12
Layanan Bimbingan dan Konseling
-          Adanya guru BP yang berkompeten
-          Ruang BP/layanan konseling cukup memadai
-          Siswa kurang memanfaatkan layanan konseling sebagai kebutuhan
-          Jumlah guru BP yang berkompeten kurang untuk pelayanan optimal.
Peningkatan layanan dan bimbingan sebagai salah satu sarana mencapai prestasi belajar
Anggota/guru BP tidak sesuai dengan kompetensinya.







  1. Program layanan bimbingan konseling yang terarah
  2. Mengoptimalkan peran BP dalam pelayanan siswa
  3. Mengusulkan penambahan guru BP sesuai dengan kompetensinya.
13
Kegiatan ekstrakulikuler dan kokulikuler
OSIS:
Kepeengurusan OSIS yang dipilih secara demokratis
Terdapatnya secretariat/ruang OSIS
Terlaksananya program/kegiatan OSIS dalam setiap kegiatan kesiswaan.

Pramuka:
Kurangnya sarana penunjang kegiatan kepramukaan
Kegiatan kepramukaan setiap hari Jum’at dan Sabtu

Pencinta Alam:
Minat menjadi anggota cukup besar
Sarana penunjang kegiatan belum ada
Tidak adanya pelatih khusus.

PMR/UKS:
Program kegiatan kesehatan remaja.
Tersedianya obat-obat sebagai penanggulangan atau pertolongan pertama.
Sarana kesehatan belum mencukupi kebutuhan pelayanan kesehatan

MADING:
Minat menjadi anggota MADING cukup besar.
Program kegiatan MADING yang terprogram.
Sarana media untuk penyampaian informasi dan kreatifitas karya tulis ada 1 buah.
Kunjungan ke redaksi harian Radar Banten tentang proses pembuatan berita (jurnalistik)

OSIS berperan aktif dalam setiap kegiatan yang berkaitan dengan kreatifitas siswa dan keorganisasian siswa.







Sebagai wadah pembentukan jiwa kepemimpinan yang kreatif dan mandiri




Menumbuhkan dan menanam sikap peduli akan alam dan lingkungan.





Terpeliharanya kesehatan remaja dan lingkungan dan tanggap terhadap segala bentuk penyakit yang membahayakan.







Mengembangkan dan menyalurkan kreatifitas karya cipta melalui media dan jurnalistik.

































Sarana media karya cipta.
  1. Program OSIS yang terarah dan tepat pada sasaran pencapaian kreatifitas siswa
  2. Mengoptimalkan sekretariat/Ruang OSIS sebagai tempat atau pusat aktifitas administrasi OSIS
  3. Melaksanakan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)


Melengkapi sarana kegiatan kepramukaan seperti tenda dan perlengkapan lainnya.




  1. Melakukan tadabur alam
  2. Memanfaatkan kondisi alam sekitar lingkungan
  3. Diperlukan pelatih khusus



  1. Melengkapi sarana kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal. Diperlukan adanya ruang khusus/UKS
  2. Program penyuluhan kesehatan
  3. Mengikuti lomba di bidang kesehatan baik di tingkat lokal maupun kabupaten

  1. Sarana media perlu ditambah untuk mengoptimalkan penyampaian informasi (karya)
  2. Mengadakan lomba karya cipta
  3. Mengadakan kunjungan ke tabloid atau redaksi guna menambah wawasan jurnalistik








2.  ACTION PLAN

CONTOH RENCANA STRATEGI

5.  BIDANG GARAPAN  STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN

NO
TUJUAN
KEGIATAN
PELAKSANAAN KEGIATAN
SUMBER
DAYA
URGENSI
PROGRAM
TAHUN PELAKSANAAN
PELAKSANA
PENJAB.
2010
2011
2012
2013
2014
4.
Memiliki kualifikasi akademik dan
kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani dan
rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan
tujuan pendidikan nasional.


1.       Studi lanjut bagi guru yang belum S1
2.       Permohonan tambahan guru sesuai mata pelajaran.
3.       Chek up kesehatan dan pembinaan rohani secara rutin.
4.       MGMP Sekolah
5.       Workshop tentang prinsip-prinsip pembelajaran KTSP
6.       Pembinaan rutin terhadap guru
7.       Rapat rutin dengan Guru dan Orang tua
8.       Diklat tentang profesionalisme guru dan PTK

9.       Bimbel, Matrikulasi, Pengayaan,Remidial


Guru yang belum S1
Kep.Tata Usaha

Wks.Humas

Wks.Kurikulum
Wks. Kurikulum+Panitia

Wks.Humas
Wks Humas
Wks.Kurikulum

Wks.Kurikulum+Panitia


Wks.Kurikulum
Kepala Sekolah

Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Kepala Sekolah
Kepala Sekolah
Kepala Sekolah

Kepala Sekolah


BOMM,Komite
Tenaga Kependidikan
Guru dan staf TU
Semua guru
Semua guru

Semua guru
Guru dan komite
Semua guru

Tenaga pengajar dan siswa
Komite dan stakeholder
Semua guru
Biasa
Penting

Biasa

Penting
Sangatpenting

Penting
Penting
Sangat penting

Sangat Penting


V
V

V

V
V

V
V
V

V



V
V

V

V
V

V
V
V

V





V

V


V
V
V

V





V

V


V
V
V

V





V

V


V
V
V

V











3.  RENCANA KERJA SEKOLAH



4.  BIDANG GARAPAN STANDAR PENDIDIK DAN TENAGA KEPENDIDIKAN
KEGIATAN
TUJUAN
INDIKATOR KEBERHASILAN
PENANGGUNGJAWAB
BATAS WAKTU
PENGENDALI
SUMBER DAYA
CAT
1.       Studi  bagi guru yang belum S1

2.       Permohonan tambahan guru sesuai mata pelajaran.

3.       Chek up kesehatan dan pembinaan rohani secara rutin.

4.       MGMP Sekolah

5.       Workshop tentang prinsip-prinsip pembelajaran KTSP

6.       Pembinaan rutin terhadap guru dan siswa

7.       Rapat rutin dengan Guru dan Ortu


8.       Diklat tentang profesionalisme guru dan penyusunan PTK (3 guru)
9.       Bimbel, Matrikulasi, Pengayaan,Remidial
Meningkatan SDM dan profesionalisme guru.
Guru mengajar sesuai dengan latar belakang ilmunya.

Membentuk guru yang sehat secara jasmani dan rohani.

Menyamakan persepsi tentang  RPP dan Silabus.
Memiliki pemahaman yang utuh tentang prinsip-prinsip KTSP.

Mencari solusi terbaik dalam penyelesaian masalah

Menginformasikan masalah-masalah yang terkait dengan siswa

Menanamkan rasa cinta terhadap profesi guru dan trampil dalam menyusun PTK
Peningkatan kwalitas bahan ajar dan proses pembelajaran

Semua guru S1 dan ikut  sertifikasi
Setiap guru mengajar sesuai dengan bidangnya.
Terciptanya guru yang sehat secara utuh

Memiliki Silabus dan RPP Sekolah
Tercapainnya pemahaman ttg KTSP

Teratasinya masalah yang dialami guru

Terbangunnya komunikasi yang harmonis dengan ortu.
Terwujudnya rasa cinta terhadap profesi

Tersusunnya bahan ajar yang bermutu
Wks.Humas

Kepala TU


WKS Humas+UKS

Wks.Kurikulum

Wks.Kurikulum+Panitia

Wks.Humas


Wks.Humas



Wks.Kurikulum


Wks.Kurikulum

Tahun 2011

Tahun 2010


Des:Ming I, Juni Mingg. I

Agust Minggu IV
Agust:Ming.IV


Setiap Sabtu


Sept:Ming.IV
Des:Mingg.III
Maret:Ming.IV
Juni:Ming.IV
Okt:Ming.IV


September,Feb.
Kepala Sekolah

Kepala Sekolah


Kepala Sekolah


Kepala Sekolah

Kepala Sekolah


Kepala sekolah


Kepala sekolah



Kepala Sekolah


Kepala sekolah
Rp.4.000.000

Rp.3.000.000


Rp.1.000.000


Rp.10.000.000

Rp.5.000.000


Rp.1.000.000


Rp.4.000.000



Rp.6.000.000


Rp.9.000.000