Rabu, 13 Oktober 2021

Artikel Aksi Nyata modul 3.3. PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

 

Artikel Aksi Nyata modul 3.3.

PENGELOLAAN PROGRAM YANG BERDAMPAK PADA MURID

Nama Program "Kompak (Kolaborasi mantap dan keren ) Bersama Menjaga Lingkungan Sekolah”

·       Peristiwa ( Fact )

1.      Latar Belakang

SMPN 1 Menes merupakan salah satu sekolah di Kabupaten Pandeglang dengan ruang kelas yang banyak dan lingkungan sekolah yang luas, ada sekitar 30 ruang kelas, 4 lab computer, 1 gedung perpustakaan, 1 lab ipa, 1 lapangan basket, 1 lapangan futsal berganung dengan 2 lapangan bola voli, dengan siswa sekitar 1150 siswa.

Berkaca pada keadaan tersebut dipandang perlu agar warga sekolah menjaga dan melestarikan lingkungan sekolah dengan baik agar warga sekolah betah berada di dalamnya terutama murid, agar perasaan nyaman dan tenang tertanam dan dirasakan oleh murid maka perlu program yang berdampak langsung yaitu kegiatan pengelolaan lingkungan sekolah yang baik serta menumbuhkembangankan kepedulian murid terhadap lingkungan ekosistem di sekolahnya.

Maka CGP merancang program yang berdampak pada murid yang bertajuk "Kompak (Kolaborasi mantap dan keren ) Bersama Menjaga Lingkungan Sekolah”

2.      Yang dilakukan pada saat aksi nyata

CGP berkomunikasi dengan seluruh warga sekolah dan berdiskusi terkait dengan program yang berdampak pada murid pada tema menjaga lingkungan sekolah, dan respon kepala sekolah beserta yang lainya menyambut baik program tersebut, kemudian CGP bekerja sama dengan Wakasek kesiswaan, kurikulum, Pembina osis dan beberapa guru untuk merencanakan program tersebut, sampai saat CGP menulis laporan aksi nayata ini , program telah berjalan hampir 2 Minggu dan dampaknya sangat terlihat, murid menjadi lebih bertanggungjawab, disiplin dan peduli terhadap lingkungan sekitarnya termasuk di dalam dan di luar kelas menjadi bersih dan asri, ada tanaman yang hijau, kelas yang bersih dan wangi, serta pemanfaatan tempat sampah dipergunakan sebagaimana mestinya.

3.      Hasil dari aksi nyata

Hasil dari aksinya tersebut terlihat dengan asri dan bersihnya lingkungan ekosistem SMPN 1 Menes, meningkatnya kesadaran muird  akan peduli lingkungan,mandiri, disiplin dan ternyata tidak berdampak pada murid juga, pihak kantin yang berjualan di inetern sekolah pun sekarang rajin dan selalu menjaga kebersihan lingkungan di sekitar tempat berjulaan.




 

·       Perasaan ( Feeling )

Setelah melaksanakan program semua pihak merasa senang dan antusias untuk

melaksanakan program yang lebih kreatif dan menyenangkan

·       Pembelajaran ( Finding )

Setelah dilaksanakan program ini belum bisa diterapkan pada semua jenjang kelas, karena masih membutuhkan waktu serta monitoring yang konsisten dan kerjasama antar warga sekolah perlu ditingkatkan lagi.

·       Penerapan ke depan ( Future )

Sebagai bahan evaluasi dan rencana ke depan CGP dan harus lebih intens berkomunikasi dengan semua warga sekolah agar program ini terlaksana secara menyeluruh dan proses monitoring berjalan secara konsisten.