Bapak ibu yang senantiasa dirahmati allah, kali ini kami bermaksud untuk mengulas perihal hubungan dan kaitannya dengan rubrik penilaian khususnya pada pembelajaran penjasorkes.
sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses KBM tidak lepas dari aspek evaluasi,pada tahap inilah kita bisa mengetahui sejauh mana proses KBM yang kita lakukan diserap oleh peserta didik kita.
bapak ibu sekalian,ada beberapa point penting dala penentuan penilaian dalam proses ealam valuasi mata pelajaran penjasorkes yang kemudian nantinya itu akan sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran dan sebagai tolak ukur samapa dmana peserta didik mampu menangkap, memvisualisasikan, menganalisa,membuat inovasi atau pun membuat networking antara sesama peserta didik dalam cakupannya terhadap proses pembelajaran penjaskes.
bapak ibu, akan kami share kan beberapa contoh rubrik penilaian untuk mata pelajaran penjasorkes,rubrik penilaian ini bermuara pada tiap satu kompetensi dasar yang kemudian berlanjut pada standar kompetensi.
SMP : ........................................................................
Mata Pelajaran :
Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester :
VII (Tujuh )/1 (satu)
RUBRIK
PENILAIAN
TES KINERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA
Aspek Yang Dinilai
|
Kualitas Gerak
|
1
|
2
|
3
|
4
|
1.
Sumber gerakan
mengumpan dengan kaki bagian dalam dari
pangkal paha dan perkenaan bola pada kaki bagian dalam
2.
Menggiring menggunakan kaki
bagian dalam, kaki diputar ke luar
3.
Sumber gerakan
mengumpan dengan kaki bagian luar dari
pangkal paha dan perkenaan bola pada kaki bagian luar
4.
Menggiring menggunakan kaki
bagian luar, kaki diputar ke dalam
5.
Menahan bola menggunakan telapak kaki, bola berhenti pada telapak
kaki
|
|
|
|
|
JUMLAH
|
|
JUMLAH SKOR MAKSIMAL: 20
|
|
RUBRIK
PENILAIAN
LEMBAR TES OBSERVASI KARAKTER DALAM
PERMAINAN SEPAKBOLA
Nama Peserta Didik
|
Karakter yang Dinilai
|
Keterangan
|
Kerjasama
|
Keberanian
|
Sportifitas
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan:
Indikator Kerjasama
1. Selalu bekerja sama (3)
2. Kadang-kadang bekerjasama (2)
3. Tidak pernah bekerjasama (1)
Indikator keberanian
1.
Melakukan dengan penuh keyakinan, (3)
2.
Melakukan dengan ragu-ragu (2)
3.
Takut untuk melakukan (1)
Indikator sportifitas
1.
Mengakui kesalahan meskipun tidak dilihat orang, (3)
2.
Mengakui kesalahan bila ditegur (2)
3.
Tidak mengakui kesalahan (1)
Bapak ibu, mungkin sudah pernah melihat format penilaian seperti ini namun alangkah baiknya kita pelajari lagi agar senantiasa kemampuan pedagogik dan administratif perihal dokumen II dalam proses pembelajaran penjas dapat terlaksana dengan lancar, dan tentunya mampu meningkatkan kompetensi kita sebagai ujung tombak pendidikan di sekolah.
semoga bermanfaat..... Salam Olahraga!
Ilham Maulana
MGMP Penjasorkes SMP Kab Pandeglang