Senin, 23 Desember 2013

KEGIATAN SOSIALISASI KUR 2013 MGMP PENJASORKES KAB. PANDEGLANG

awal pembukaan kegiatan sosialisasi kur 2013. terlihat sebagai pemateri bpk marso disampingi sekretaris MGMP bpk A. Yani

Pada akhir tahun 2013 alhamdulilah MGMP Penjasorkes SMP Kab Pandeglang kembali dipercaya oleh dinas pendidikan untuk melaksanakan kegiatan sosialisasi kurikulum 2013, anggaran dana yang dikucurkan pemkab pandeglang melalui disdik telah dirasakan sepenuhnya oleh anggota MGMP penjasorkes SMP kab.Pandeglang...
Diharapkan guru penjasorkes SMP dikabupaten pandeglang mampu meningkatkan kompetensi dan daya kreasinya guna menyongsong tantangan daripada perubahan kurikulum.
pada tgl 06 Nov 2013 alhamdulilah MGMP telah memulai kegiatan pelaksanaan sosialisasi kur 2013, narasumber yang pertama hadir aalah bpk sumarso,yang notabene sesepuh daripada MGMP Penjas yang kemudian menjadi pengawas di tingkat SMP. beliau selain piawai dalam mengolah manajemen kelas,juga dikenal sebagai guru teladan tingkat nasional, prestasinya tidak usah diragukan lagi, semoga dengan kehadiran beliau bisa menjadi inspirasi bagi setiap guru penjas khususnya agar mampu dan mau berprestasi lebih daripada yang diharapkan.
materi yang disampaikan beliau pada waktu itu adalah konsep dasar kur 2013 yang tampaknya dinanti nanti penjelasan dan sharing pengetahuan beliau kepada guru penjas kabupaten pandeglang...


bersambung....!

Rabu, 06 November 2013

PENENTUAN KKM DALAM PROESES PEMBELAJARAN PENJASORKES

Bapak ibu yang selalu diberi kesehatan serta ketenangan jasmani maupun rohani, pada kesempatan ini kami bermaksud akan mengulas atau mengingat kembali tentang penentuan KKM dalam proses belajar mengajar pada pelajaran penjasorkes.
Kriteria Ketuntasan Minimal atau biasa kita kenal dengan singkatan KKM, adalah unsur yang penting dalam sebuah proses evaluasi dalam pembelajaran. ketika kita akan melakukan pelaksanakan evaluasi maka yang pertama dianjurkan adalah menentukan kriteria ketuntasan minimal, dari mana kriteria tersebut didapatkan, akan banyak sekali aspek-aspek yang berperan didalamnya.
bapak ibu, ada beberapa faktor yang mennetukan sebuah KKM diantaranya:
1. Kompleksitas ( tingkat kesulitan suatu test)
2. Daya dukung ( Faktor pendukung )
3. Intake ( kemampuan daya serap )

kemudian apabila ketiga faktor tesb sudah ditentukan maka KKM pun akan terbentuk dengan sendirinya.
bapak ibu, ini beberapa contoh dalam penentuan KKM dalam pembelajaran Penjasorkes


TABEL PERHITUNGAN KKM







Nama Sekolah :



Mata Pelajaran :



Kelas :



Tahun Pelajaran :














No Kompetensi Dasar   Nilai KKM
Indikator Kompleksitas Daya Dukung Intake
1 Sepak Bola 3 3 2 88,9
2 Bola Voli 3 3 2 88,9
3 Bola Basket 3 3 2 88,9
4 Bola Tangan 2 1 2 55,6
5 Sepak Takraw 1 1 1 33,3
6 Bulu Tangkis 1 1 1 33,3
7 Tenis Meja 2 2 2 66,7
8 Lompat Jauh  2 2 2 66,7
9 Lari Jarak Menengah 2 2 3 77,8
10 Tolak Peluru  2 2 2 66,7
11 Lempar Lembing  2 1 2 55,6
12 Pencak Silat 1 1 1 33,3
13 Kebugaran Jasmani 2 2 2 66,7
14 Senam Lantai 3 2 2 77,8
15 Senam Irama 2 2 2 66,7
16 Kesehatan 2 2 2 66,7
  Jumlah  1033,3
  KKM Mata Pelajaran : 64,6














Mengetahui :

Pandeglang 2013

Kepala Sekolah,

Guru Mata Pelajaran :    








Bapak ibu, contoh diatas adalah salah satu ilustrasi penentuan KKM dalam proses pembelajaran Penjasorkes,,,semoga bermanfaat, kami mohon masukan, saran maupun share pengetahuannya kepada kami agar kami bisa meningkatkan kompetensi yang dapat dimanfaatkan untuk kelangsungan proses pembelajaran khususnya pada pelajaran penjasorkes.

semoga bermanfaat... Salam Olahraga...!


Ilham Maulana
MGMP Penjasorkes SMP Kab Pandeglang

RUBRIK PENILAIAN DALAM PROSES PEMBELAJARAN PENJASORKES

Bapak ibu yang senantiasa dirahmati allah, kali ini kami bermaksud untuk mengulas perihal hubungan dan kaitannya dengan rubrik penilaian khususnya pada pembelajaran penjasorkes.
sebagaimana yang kita ketahui bahwa proses KBM tidak lepas dari aspek evaluasi,pada tahap inilah kita bisa mengetahui sejauh mana proses KBM yang kita lakukan diserap oleh peserta didik kita.
bapak ibu sekalian,ada beberapa point penting dala penentuan penilaian dalam proses ealam valuasi mata pelajaran penjasorkes yang kemudian nantinya itu akan sangat berpengaruh terhadap hasil pembelajaran dan sebagai tolak ukur samapa dmana peserta didik mampu menangkap, memvisualisasikan, menganalisa,membuat inovasi atau pun membuat networking antara sesama peserta didik dalam cakupannya terhadap proses pembelajaran penjaskes.

bapak ibu, akan kami share kan beberapa contoh rubrik penilaian untuk mata pelajaran penjasorkes,rubrik penilaian ini bermuara pada tiap satu kompetensi dasar yang kemudian berlanjut pada standar kompetensi.



SMP                                                            :    ........................................................................
Mata Pelajaran                                      :  Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan
Kelas/Semester                                    :  VII (Tujuh )/1 (satu)

RUBRIK PENILAIAN
TES  KINERJA TEKNIK DASAR PERMAINAN SEPAKBOLA

Aspek Yang Dinilai
Kualitas Gerak
1
2
3
4

 1.          Sumber gerakan mengumpan dengan kaki bagian dalam dari  pangkal paha dan perkenaan bola pada kaki bagian dalam

 2.          Menggiring  menggunakan kaki bagian dalam,  kaki diputar ke luar


 3.          Sumber gerakan mengumpan dengan kaki bagian luar  dari pangkal paha dan perkenaan bola pada kaki bagian luar

 4.          Menggiring  menggunakan kaki bagian luar,  kaki diputar ke dalam

 5.          Menahan bola menggunakan telapak kaki, bola berhenti pada telapak kaki






JUMLAH

JUMLAH SKOR MAKSIMAL:  20


RUBRIK PENILAIAN
LEMBAR TES OBSERVASI KARAKTER DALAM PERMAINAN SEPAKBOLA

Nama Peserta Didik
Karakter yang Dinilai
Keterangan
Kerjasama
Keberanian
Sportifitas






































Keterangan:
Indikator Kerjasama
1.       Selalu bekerja sama (3)
2.       Kadang-kadang bekerjasama (2)
3.       Tidak pernah bekerjasama (1)

Indikator keberanian
1.       Melakukan dengan penuh keyakinan, (3)
2.       Melakukan dengan ragu-ragu (2)
3.       Takut untuk melakukan  (1)

Indikator sportifitas
1.          Mengakui kesalahan meskipun tidak dilihat orang, (3)
2.          Mengakui kesalahan bila ditegur (2)
3.          Tidak mengakui kesalahan (1)




Bapak ibu, mungkin sudah pernah melihat format penilaian  seperti ini namun alangkah baiknya kita pelajari lagi agar senantiasa kemampuan pedagogik dan administratif perihal dokumen II dalam proses pembelajaran penjas dapat terlaksana dengan lancar, dan tentunya mampu meningkatkan kompetensi kita sebagai ujung tombak pendidikan di sekolah.

semoga bermanfaat.....   Salam Olahraga!





Ilham Maulana
MGMP Penjasorkes SMP Kab Pandeglang






Senin, 30 September 2013

Tehnik dan Skill Dalam Pembelajaran Bola Basket

SALAM OLAHRAGA..!

Kali ini kami akan mencoba mengulas beberapa istilah tehnik maupun skill dalam pembelajaran permainan bola besar yaitu Bola basket..

Mudah2an bermanfaat bagi anda semua..!

1. Dribble :
Membawa bola dengan cara memantulkan ke tanah
2. Shot :
Menembak ke ring dengan cara melemparkan bola. Untuk hasil yang bagus, arah bola sebaiknya membentuk kurva parabolic dan jangan lupa FOKUS.
3. Shot Clock :
Waktu menyerang sebelum bola menyentuh ring. untuk NBA menggunakan 24 detik, dan FIBA menggunakan shot clock 30 detik
4. Rebound :
Rebound adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain menangkap atau mendapatkan bola pantul yang tidak berhasil masuk yang ditembakkan oleh pemain lain.
5. Block Shot :
melakukan blok terhadap tembakan lawan
6. Steal :
Mmencuri bola dari lawan saat dribble. Steal dalam basket adalah suatu istilah dimana seorang pemain bertahan berhasil merebut bola yang sedang dipegang, dioper atau didribble pihak lawan, tetapi tidak menyentuh tangan lawan atau akan dinyatakan sebagai pelanggaran. Posisi pebasket yang paling sering melakukan steal adalah Small Forward. Beberapa pebasket yang terkenal akan kemampuan stealnya di NBA adalah Scottie Pippen, Robert Horry, Michael Jordan, Magic Johnson, John Stockton, dan Allen Iverson
7. Intercept :
Mencuri bola dari lawan dengan cara memotong passing lawan
8. Passing :
Mengoper bola ke rekan satu tim
9. Assist :
Assist adalah suatu istilah dalam permainan bola basket dimana seorang pemain mengoper bola kepada temannya, dan pemain yang mendapat bola operan dari temannya itu tanpa mendribble (memantulkan bola ke tanah) langsung melempar atau memasukkan bola kedalam jaring basket (bola yang tidak masuk tidak dihitung).
10. Foul :
Pelanggaran
11. Team Foul:
Jumlah pelanggaran dalam satu team per babak nya. Otomatis akan diberikan free throw ke lawan apabila sudah mencapai 5
12. Foul Out :
Kartu merah dalam permainan basket, diberikan setelah seorang pemain melakukan 5 kali foul
13. Free Throw :
Tembakan bebas akibat pelanggaran yang dilakukan pemain lawan. Free throw diberikan apabila yang dilanggar dalam posisi akan melakukan shot atau sudah team foul
14. Three Seconds Violation :
Pelanggaran yang diberikan apabila seorang pemain berada di area tembakan bebas (key area) selama 3 detik

15. Back Ball / Back Court :
Pelanggaran karena pemain yang membawa bola kembali ke daerah pertahanan setelah melewati garis tengah
16. Back Door :
Strategi menyerang dengan cara membalik badan ke arah yang berlawanan untuk menghindari penjagaan lawan.
17. Pick and Roll :
Strategi menyerang 2 orang dengan cara 1 orang melakukan blok, menghalangi pergerakan lawan yang menjaga rekannya yang membawa bola, sehingga dapat bebas berlari. Setalah itu orang tadi berputar (roll)
18. Man to man marking :
trategi bertahan 1 lawan 1
19. Zone Defense :
Pertahanan sistem area, ada model 2-1-2, 1-2-2, 1-3-1, 2-3, 3-2
20. Full press defense :
Pertahanan 1 lawan 1, dimulai dari garis pertahanan lawan
21. Travelling / walking :
Pelanggaran karena membawa bola tidak di dribble, lebih dari 2 langkah
22. Double :
Pelanggaran karena setelah berhenti mend dribble, melakukan dribble lagi
23. Block :
Blok dalam basket adalah suatu istilah dimana seorang pemain bertahan melakukan lompatan dan berhasil menghalang/menahan bola yang sedang dilempar oleh pihak lawan atau penyerang, sehingga bola tidak berhasil melaju dan masuk kedalam ring.
24. Slamdunk :
Slam dunk (atau biasa hanya disebut Dunk) adalah suatu gaya didalam permainan olahraga bola basket, seorang pemain berusaha memasukkan bola ke dalam keranjang dimana muka telapak tangan menyentuh besi pada ring basket (satu atau dua tangan) setelah bola melewati tinggi dari ring besi basket.

untuk posting selanjutnya insyaalloh kami akan mengulas tentang posisi pemain dalam olahraga bola basket..



semoga bermanfaat... saalam olahraga...1

Rabu, 21 Agustus 2013

dokumentasi kegiatan

beberapa dokumentasi terkait kegiatan yang telah dilaksanakan MGMP Penjas SMP Kab Pandeglang

 Gambar 1.  terlihat para petinggi dunia persilatan dari padepokan MGMP Penjas SMP Pandeglang sedang asik berdiskusi..



 Gambar 02. Ada dua senior nan kompak Pak H tatang beserta ibu komandan kokom terlihat sedang konsentrasi mengikuti jalannya kegiatan .
Gambar 03. beberapa guru terlihat serius mengikuti kegiatan

Minggu, 21 Juli 2013

SERTIFIKASI 2013

kami ucapkan selamat bagi rekan rekan yang telah dinyatakan lulus untuk mengikuti PLPG tahun 2013, khususnya rekan rekan oemarbakrie di kabupaten pandeglang,
Adapun terkait dengan berbagai kontroversi perihal pengumuman peserta PLPG 2013, kami rasa sangat perlu ditindak lanjuti,karena beberapa pertimbangan diantaranya
1. data hasil UKG 2013 tidak transparan sehingga menimbulkan keresahan bagi beberapa pendidik yang menunggu hasil UKG tersebut
2. Data yang di input melalui sergur.kemdiknas banyak yang tidak masuk akal, adak PTK umur 23 thun masa mengajar 18 tahun, dan masih banyak lagi ptk yang datanya seperti itu..
3. ketidaK JELASAN KEMDIKBUD dari awal dalam hal penentuan persyaratan peserta PLPG 2013..banyak yang menanyakan kepada kami kenapa persyaratan nya baru muncul ketika pengumuman peserta PLPG 2013 dibuka...
memang di juklak dan juknis sertifikasi tercantum tp penjelasannya masih banyak klimat yang multi tafsir
4. keaadaan ini  menimbulkan polemik bagi dunia penidikan kita, di satu sisi pemerintah ingin kualitas pendidik meningkat bahkan wacana mencuat pendidik yang sudah tersertifikasi pada tahun 2015 harus sudah Strata dua, hal ini berbanding terbalik dengan kenyataan yang ada dilapangan. boleh cek ke toko sebelah masih banyak tenaga pendidik yaaaang terdaftar di dapodik masih dibawah kualifikasi S1. meliahat dari prosedur sistem yang di mutakhirkan oleh kemdikbud akhir2 ini memenga menunjukan kemajuan yang signifakan dilihaat dari segi tertib administrasi ( dengan menggunakan sitem aplikasi online ) TETAPI seperti halnya pisau bermata dua, selalu ada kelemahan dalam sistem tsb. input data yang masih carut marut ,portal web yang selalu saja maintenance karena overloud input data ( dikarnakan kapasitas Bandwith yang terbatas )..

terakhir mudah2an kemdikbud bisa lebih  memperhatikan aspirasi dari root to the top, pengambilan informasi dan perkembangan pendidikan hendaknya di observasi dari pendidik sebagai ujung tombak kemajuan edukasi..



salam olahraga...!

Jumat, 07 Juni 2013

Pengajuan NUPTK Baru 2013


Melalui Layanan Sistem Informasi PADAMU NEGERI akan diterbitkan layanan khusus Pengajuan NUPTK Baru secara Online. Layanan Pengajuan NUPTK Baru hanya berlaku bagi para PTK yang belum pernah mengajukan NUPTK atau sudah pernah mengajukan namun belum menerima NUPTK.
Gambaran secara umum, mekanisme Pengajuan NUPTK Baru 2013 akan dilaksanakan dengan pengisian Formulir Pengajuan NUPTK Baru secara online langsung oleh PTK bersangkutan. Selanjutnya PTK mencetak isian Formulir Online tersebut dan dilengkapi syarat berkas dokumen lain untuk diserahkan ke Admin Dinas Pendidikan Kab/Kota setempat.

UNTUK LEBIH LENGKAPNYA CEK DI WEB PADAMU NEGERI.. KLIKK DISINI...!